Ragam Kain Tenun Adat Indonesia Budaya Adiluhung Nusantara 2

Ragam Kain Tenun Adat Indonesia Budaya Adiluhung Nusantara

Indonesia adalah negeri yang kaya. Tidak hanya kaya dengan hasil bumi dan isi alamnya namun juga kaya dengan Budaya berikut hasil atau produk yang dihasilkan dari budayanya. Salah satu produk kebudayaan dari rakyat Indonesia adalah kain indah mempesona baik berupa kain tenun, sulam, songket juga batik. Kain  Warisan budaya yang sangat mahal ini diperoleh dari kecerdasan masyarakat yang mendiami bumi pertiwi nan cantik ini. Orang Indonesia jaman sekarang dengan begitu malasnya hanya menyebutnya sebagai kain motif etnik, padahal beda daerah beda pula kain tenun adatinya. Berikut ini artikel tentang Ragam Kain Tenun Adat Indonesia Budaya Adiluhung Nusantara yang diambil dari buku Album Tenun Tradisonal Indonesia.

Ragam Kain Tenun Adat Indonesia Budaya Adiluhung Nusantara

Sumber Foto : Flickr/gedelila

Berdasarkan hasil penemuan tentang aneka ragam alat-alat tenun yang pernah (dan masih) dipergunakan oleh berbagai suku di Indonesia, dapat diketahui bahwa kebudayaan menenun timbul bersamaan dengan peradaban manusia. Kulit kayu dan kulit binatang yang semula dipergunakan sebagai pakaian (penutup badan), sesuai dengan kemajuan peradaban kemudian diganti dengan pakaian yang diperoleh dengan kepandaian bertenun. Secara sederhana dapat diterangkan bahwa sebuah kain tenun, dihasilkan oleh perjalinan benang lungsin (benang yang menunggu) dengan benang (pakan (benang yang datang). Proses yang amat sederhana inilah yang kemudian berkembang dengan berbagai teknik yang bermacam-macam sesuai dengan kreatifitas manusia, sehingga menghasilkan ciptaan-ciptaan yang indah dan menarik

Ragam Kain Tenun Adat Indonesia Budaya Adiluhung Nusantara 2

Sumber Foto : flickr/zakianmaryoto

Dalam perkembangan selanjutnya terlihat bahwa kepandaian menenun tidak saja lagi ipergunakan untuk sekedar menghasilkan hanya kain sebagai penutup tubuh, tapi lebih dari itu kain tersebut dapat merupakan sebuah karya seni yang muncul sesuai dengan alur kehidupan masyarakat. Sehelai kain tenun yang indah, tidak saja berfungsi sebagai busana penutup tubuh, namun lebih dari itu ia dapat menunjukkan derajat dan martabat sipemakainya. Kain tersebut dapat menunjukkan pesan khusus yang terselip dibalik motif dan warna-warnanya. Jadi bentuk saja belumlah cukup, harus disertai dengan makna dari lambang yang tersembunyi di balik motif dan ragam hias yang menyertainya.

Ragam Kain Tenun Adat Indonesia Budaya Adiluhung Nusantara 3

Sumber Foto : Steven Fitzgerald Sipahutar flickr/wwostreet

Kalau dikelompokkan, kain tenun adati di Nusantara ini dapat dibagi menjadi empat kelompok besar (kelompok utama) yaitu yang meliputi :
1. Kain batik di pulau Jawa.

Batik Tulis

Proses Batik Tulis Jwa Tengah

2. Tenun Ikat, yang tersebar dibeberapa daerah dengan menggunakan teknik ikat pakan, ikat lungsi dan ikat ganda pakan dan lungsi. Bahan-bahan yang dipergunakan kebanyakan benang katun.

Tenun Ikat Sumba

sumber : flickr/ninaflynnphotography

3. Tenun Songket terutama yang banyak dikerjakan oleh pengrajin-pengrajin tenun songket di Sumatera. Baik Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung. Teknik yang digunakan juga bermacam-macam.

Kain Songket Batak Toba

Kain Songket Batak Toba
Sumber Foto : flickr/endakaban

4. Seni Sulaman. Seni sulaman banyak tersebar di daerah-daerah seperti Aceh Minangkabau, Palembang, Tasikmalaya, Gorontalo dan juga Kalimantan Timur

kain sulam khas suku dayak kalimantan timur

Sulam Khas Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

Demikian informasi tentang jenis kain etnik Indonesi dalam tajuk Ragam Kain Tenun Adat Indonesia Budaya Adiluhung Nusantara dari Grosir Mukena Etnik Indonesia selanjutnya akan kami bahas masing-masing kain etnik Indonesia per Provinsi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s